Home » » Optimasi SEO On Page Pada Blogger dan Website

Optimasi SEO On Page Pada Blogger dan Website

Written By Unknown on Thursday, August 8, 2013 | 7:22 AM

SEO memang bukan perkara mudah, banyak sekali aturan yang harus dipahami jika tidak ingin mendapatkan hukuman dari search engine. Banyaknya informasi mengenai SEO umumnya membuat para pemula kebingungan menentukan langkah apa yang akan diambil untuk melakukan optimisasi pada webite yang dimilikinya.
SEO On Page

Setelah anda pahami Apa Itu SEO , maka sekarang waktu yang tepat untuk melangkah ke tahapan pertama dan terpenting dari SEO, yaitu optimisasi SEO On Page. Ini karena SEO On Page lebih menitikberatkan optimisasi pada struktur di dalam website, jelas bot mesin pencari dan para pengunjung memiliki penilaian yang berpengaruh besar terhadap kekuatan SEO yang website anda miliki.

APA SAJA YANG PERLU DIOPTIMASI UNTUK SEO ON PAGE?

Setidaknya ada sekitar 4 hal penting yang perlu dioptimalkan dalam penerapan SEO On Page :
  1. Tampilan Website
  2. Struktur Artikel
  3. Struktur HTML
  4. Optimasi Meta Tag ( Meta Description, Meta Keywords, dll)
TAMPILAN WEBSITE

Tampilan Website yang dimaksud adalah desain dari tema suatu website / blog. Semakin menarik tampilan suatu website, maka akan semakin betah pula pengunjung yang datang dan semakin lama pengunjung berada di website anda, akan menambah nilai SEO di mata Google atau di mesin pencari lainnya. Dan sebaliknya, semakin buruk tampilan website maka akan mengurangi lama kunjungan pengunjung sehingga SEO anda berkurang.

STRUKTUR ARTIKEL

Struktur Artikel ini mungkin boleh dibilang yang paling penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memainkan struktur artikel yang SEO friendly.
  1. Masukkan 3 - 4 kata kunci yang ingin ditargetkan dalam sebuah artikel
  2. Panjang artikel minimal 300 kata
  3. Beri cetak tebal, garis miring, atau garis bawah pada kata kunci
  4. Masukkan kata kunci pada awal dan akhir artikel
  5. Gunakan bahasa yang baku, kesalahan pengetikan juga bisa berpengaruh terhadap SEO
  6. Beri gambar untuk memperindah artikel dan menarik pengunjung
Dan dibalik itu semua, yang terpenting adalah kualitas artikel yang disajikan, semakin baik kualitas artikel akan meningkatkan kemungkinan pengunjung akan tertarik mengeksplorasi lebih dalam lagi mengenai konten yang terdapat dalam website anda. Semakin banyak halaman yang dikunjungi, maka akan memperkecil bounce rate website / blog anda dan tentunya akan memperkuat SEO website anda agar tidak mudah ditendang dari hasil pencarian SERP Google atau mesin pencari lainnya.

STRUKTUR HTML

Optimasi pada Struktur HTML umumnya selalu berubah dari waktu ke waktu karena perubahan algoritma Google yang semakin rumit. Tetapi untuk sekarang ini tidak ada salahnya untuk mencoba tips berikut ini. Jika anda tidak mengerti kode HTML silahkan lewati saja langkah nomor 1, 2, dan 3.
  1. Ganti Kode H2 pada judul widget menjadi H3
  2. Gunakan H1 untuk judul blog / website
  3. Gunakan H2 untuk judul artikel
  4. Kurangi penggunaan javascript
  5. Hapus konten yang mengandung flash object
  6. Hapus konten yang membuat loading berat
Semakin ringan website, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan kekuatan SEO yang baik dimata Google. Hal ini karena secara langsung jika loading website lama, maka pengunjung akan cepat menutup halaman website kita dan inilah yang dimaksud sebagai bounce rate. Semakin tinggi bounce rate, semakin buruk reputasi website kita, baik di mata pengunjung maupun di mata Google.

OPTIMASI META TAG

Meskipun Google sudah mengumumkan bahwa perangkingan website tidak lagi menggunakan meta tag, tetapi saya masih bisa rasakan kalau meta tag masih punya peranan untuk memancing agar pengunjung tertarik dan merasa bahwa artikel yang kita suguhkan lah yang mereka cari. Ada banyak jenis meta tag tetapi yang menurut saya penting cuma meta description dan meta keywords.

Untuk mengaktifkan meta description pada blogger : Setelan / Setting -> Penelusuran -> Aktifkan Meta Tag -> Simpan.

Dari semua yang saya jelaskan diatas, tetap konten adalah yang paling utama. Apa yang anda suguhkan kepada pengunjung akan menghasilkan apa yang anda dapatkan dari pengunjung, baik berupa pujian, makian, ataupun penghasilan yang menakjubkan. Semuanya ada di tangan anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.