Home » » Apa itu SEO ? Haruskah SEO?

Apa itu SEO ? Haruskah SEO?

Written By Unknown on Saturday, August 3, 2013 | 10:25 PM

Pengertian SEO - Mungkin diantara anda bingung bagaimana cara memulai sebuah bisnis online, atau mungkin anda sudah memulainya tetapi tetap saja sepi pembeli. Mau tahu cara meningkatkan jumlah pengunjung website atau menambah pelanggan anda setiap harinya? jawabannya sangat mudah, yaitu SEO. Hampir semua pebisnis sampai blogger mempelajari SEO untuk meningkatkan pengunjung. Tapi mungkin untuk anda yang masih awam belum tahu apa hubungannya SEO dengan peningkatan jumlah pengunjung dan peningkatan jumlah pelanggan.

Pengertian SEO


APA ITU SEO?

Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO adalah kumpulan cara-cara, tahap-tahap, langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan suatu blog mencapai peringkat terdepan, teratas, dan terbaik dalam hasil pencarian google.

TINDAKAN APA SAJA YANG TERMASUK SEO?

Ada beberapa hal yang bisa ada lakukan untuk meningkatkan kekuatan SEO blog / website anda tetapi secara garis besar tips SEO terbagi atas 2 golongan, yaitu :
  1. OPTIMASI SEO ON PAGE
  2. OPTIMASI SEO OFF PAGE
APA ITU SEO ON PAGE?

Seo On Page adalah optimasi website yang menitikberatkan pada struktur website, baik itu tampilan website (tema), struktur tulisan / artikel, sampai struktur kode-kode html5, css3, php, dan javascript. Selain itu juga Seo On Page menganjurkan penulisan meta tag yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

APA ITU SEO OFF PAGE?

Seo Off Page adalah optimasi website yang fokus pada pengumpulan backlink. Anda bisa memulai mengumpulkan backlink dari berbagai macam website, semakin banyak backlink umumnya membuat SEO website semakin bagus. Bisa juga menggunakan anchor text untuk menargetkan kata kunci yang lebih tepat. Tetapi perlu diingat bahwa kelebihan backlink bisa membawa dampak buruk bagi website anda, mulai dari terkenal Google SandBox sampai pada Google Banned ! Jadi saya sarankan kumpulkan backlink secukupnya, untuk amannya cari 10 - 50 backlink perhari saja.
Note : Backlink adalah link website anda yang terpasang pada website lain.
APA KEUNTUNGAN SEO?

SEO bisa membuat website / blog anda menjadi peringkat teratas dan terdepan pada kata kunci tertentu di mesin pencari. Secara logis, maka SEO otomatis akan membuat jumlah pengunjung website akan bertambah. Jika pengunjung bertambah, maka untuk yang berbisnis online kemungkinan akan mendapat pembeli yang lebih banyak.

HARUSKAH SEO?

SEO bisa dikatakan sebuah keharusan untuk yang mengejar pengunjung yang lebih banyak. Dengan SEO website anda bisa dikenal banyak orang dan mudah untuk ditemukan. Tetapi perlu diingat juga bahwa SEO tidak menjamin website anda selalu berada di depan, hal ini dikarenakan algoritma setiap mesin pencari akan selalu mengalami perubahan seiring waktu berjalan. Selain itu juga banyak website menggunakan SEO sehinga persaingan akan menjadi lebih ketat dan sulit untuk dilalui.

Segala keputusan ada di tangan anda, jika ingin bersaing silahkan tetapi tentu selalu ada resiko dibalik sebuah tindakan. Saya akhiri dulu tulisan ini, semoga bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan yang anda inginkan.