Home » » Optimasi SEO Off Page Pada Blogger dan Website

Optimasi SEO Off Page Pada Blogger dan Website

Written By Unknown on Saturday, January 4, 2014 | 5:13 AM

Sebelum melangkah menuju tahapan optimasi SEO Off Page, ada baiknya anda baca dahulu artikel saya sebelumnya tentang Optimasi SEO On Page pada Website yang merupakan hal terpenting didalam melakukan optimasi blog di mata search engine, dalam hal ini yang saya maksud ialah Google.

Optimasi SEO Off Page

BAGAIMANA CARA OPTIMASI SEO OFF PAGE?

SEO Off Page adalah bagian dari optimasi yang paling mudah, yang perlu anda lakukan adalah mencari backlink untuk blog anda, dan sisanya biarkan search engine bekerja.

APA ITU BACKLINK?

Backlink adalah link yang berasal dari luar website anda yang mengarah pada website anda jika link tersebut di klik, atau singkatnya, backlink adalah link website kita yang dibagikan di sosial media ataupun di website lain.

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Cara kerja backlink sama seperti saat kita memiliki suatu produk, lalu ada orang atau perusahaan lain yang merekomendasikan kepada masyarakat untuk membeli produk kita. Semakin banyak orang yang merekomendasikan produk kita, maka semakin banyak juga orang yang datang ke toko kita dan kemungkinan akan membeli produk kita.

Logika SEO Off Page

Sama halnya dengan cara kerja tersebut, backlink menggunakan sistem yang sama. Semakin banyak link artikel kita direkomendasikan oleh website lain atau sosial media, maka Google akan datang untuk mengindeks dan meningkatkan peringkat artikel kita di hasil pencarian.

KENALI JENIS LINK

Backlink sekarang dibagi menjadi dua, yakni link Dofollow dan link Nofollow.

Link Dofollow
Backlink dofollow adalah link yang memberikan poin 100% kepada websie yang dituju.

Link Nofollow
Kebalikan dari backlink dofollow, backlink nofollow adalah link yang sama sekali tidak memberikan poin, untuk menggunakan link nofollow, cukup menambahkan kode rel='nofollow' pada link tersebut.

Tentu saja yang harus dicari untuk meningkatkan SERP adalah backlink DOFOLLOW. Cara untuk mengetahui jenis link akan dijelaskan pada artikel Cara Mengetahui Link Dofollow dan Nofollow.

SEBEGITU MUDAHKAH OPTIMASI OFF PAGE?

Ya, anda hanya perlu memasang link website anda di website lain atau di sosial media, atau kalau bisa buat orang lain yang melakukannya untuk anda. Tetapi di jaman sekarang Google sudah menyiapkan algoritma anti spam, oleh karena itu jangan sembarangan memasang backlink. Selain itu kualitas dari sumber backlink juga harus diperhatikan, untuk cara mengetahui kualitas sumber backlink adalah dilihat dari pageranknya. Untuk cara melihat pagerank website silahkan baca pada artikel Bagaimana Cara Mengetahui Pagerank Website?

Walaupun banyak blogger dan pakar seo yang mengusulkan untuk rajin-rajin mencari backlink dengan jumlah konstan per hari, tetapi menurut saya lebih baik mencari backlink dalam jumlah acak seperti yang saya tuliskan pada artikel Cinta Malam Minggu dan SEO. Selain itu usahakan sumber backlink satu tema dengan website anda karena saya sudah pernah membuktikan ketika memasang backlink di website dengan tema yang sama dengan website saya, artikel blog saya langsung naik ke posisi atas dalam waktu singkat, berbeda sekali dengan mencari backlink di website yang temanya berbeda, perlu waktu sekitar 2 minggu untuk memperbaiki posisi SERP.