Home » » Cara Optimasi Blog Agar Menjadi Nomor 1 di Google di Tahun 2014

Cara Optimasi Blog Agar Menjadi Nomor 1 di Google di Tahun 2014

Written By Unknown on Friday, April 25, 2014 | 7:05 PM

teknik SEO terbaru 2014
Cara Optimasi Blog Agar Menjadi Nomor 1 di Google - Sebelum beranjak menuju tips-tips untuk menjadi penguasa rangking di Google, ada hal mendasar yang harus anda ketahui, yakni SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah aktifitas-aktifitas yang dilakukan seseorang yang bertujuan untuk meningkatkan rangking di Google. Untuk pemahaman SEO secara mendasar silahkan baca artikel saya sebelumnya : Apa Itu SEO?

Sudah paham apa itu SEO? Nah kita akan ke langkah selanjutnya. SEO memang sudah cukup lama dikenal dan dijadikan sebuah ilmu blogging, tetapi teknik-teknik SEO selalu berubah setiap waktu mengikuti perkembangan Algoritma search engine. Apa itu Algoritma? singkatnya algoritma merupakan logika pengambilan keputusan yang dimiliki oleh suatu program, algoritma akan menentukan apakah blog A atau blog B yang akan menempati posisi puncak.

Tentu saja dalam algoritma selalu ada indikator yang disetting untuk menentukan pilihan tersebut. Sama seperti manusia ketika menentukan pasangan, pilih si A yang selalu juara di kelas atau si B yang selalu tampil modis? Jika indikatornya adalah kepintaran, tentu anda akan memilih si A begitu juga jika indikatornya adalah penampilan maka anda akan memilih si B. Dan dari yang saya teliti, Google punya 3 indikator yang harus anda perhatikan baik-baik jika ingin blog anda menjadi juara di hasil pencarian google.

1. Kualitas Konten
Jika di 2013 backlink masih menjadi indikator terpenting, maka di 2014 anda harus merubah teknik SEO anda. Pasalnya, di tahun ini Google semakin pintar dalam memilah artikel mana yang pantas menjadi pemimpin klasemen. Hampir seluruh artkel yang menjuarai SERP merupakan artikel original, ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana hasil pencarian Google dipenuhi dengan artikel-artikel copy paste. Untuk mengecek apakah artikel anda original atau tidak silahkan gunakan layanan dari Copyscape.com, semakin orisinil artikel anda, semakin besar kesempatan untuk menjadi nomor 1 di google untuk tahun ini.

2. Authorship
Authorship adalah reputasi yang dimiliki oleh penulis. Semakin populer profil penulis, maka akan semakin besar kesempatan untuk menjadikan artkel anda. Profil penulis yang dimaksud disini ialah profil Google+ dimana indikatornya adalah follower yang dimiliki. Mulailah bersosialisasi dengan Google+ dan dapatkan banyak follower untuk membuka peluang yang lebih luas untuk merajai Google.

3. Backlink
Meskipun kualitas artikel dan authorship menjadi yang terpenting dalam teknik SEO 2014, backlink masih memiliki peranan juga dalam menentukan SERP blog anda di Google. Jika dulu para blogger mengumpulkan hingga lebih dari 50 backlink per hari, maka sekarang anda hanya perlu mencari 1 - 10 backlink saja per hari agar terlihat natural karena backlink yang terlalu banyak dapat mengancam blog anda dan kemungkinan akan dikenai sanksi berupa banned permanen. Tetapi karena saya orangnya malas mencari backlink, saya hanya menggunakan teknik lama, yakni RAJIN POSTING seperti yang saya tuliskan pada artikel SEO Tanpa Backlink? Bisakah?

Bagaimana? gampang bukan tips agar blog menjadi nomor 1 di google?